7 Cara Ampuh Menghemat Baterai Ponsel Android dan iPhone

Cara menghemat baterai ponsel selalu jadi tips yang dicari banyak orang. Pasalnya perkembangan teknologi telepon seluler belakangan ini tidak selalu muncul dari sisi baterai. Prosesor semakin cepat, layar semakin jernih, kamera semakin tajam menangkap gambar, tapi kapasitas baterai masih segitu-segitu saja.

Kebanyakan ponsel hanya mampu bertahan seharian untuk pemakaian normal. Itupun untuk ponsel yang masih prima kondisinya. Kondisi inilah yang kemudian membuat kita wajib memiliki power bank jika ada di luar ruangan.

Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas baterai. Namun kita bisa membuat baterai lebih hemat dengan melakukan beberapa penyesuaian pada ponsel. Berikut adalah tips menghemat baterai ponsel yang bisa diterapkan di HP Android maupun iPhone.

7 Cara Ampuh Menghemat Baterai Ponsel Android dan iPhone

1. Kurangi screen refresh rate (Android)

Refresh rate adalah tingkat kecepatan layar ponsel dalam memperbarui piksel pada layar per detiknya dengan satuan Hz. Contohnya, refresh rate 90Hz berarti piksel pada layar HP itu di-refres 90 kali per detik.

Kebanyakan HP Android memiliki tingkat refresh rate yang sangat tinggi antara 90 hingga 120 kali, dari umumnya yang hanya 60 kali. Memang dengan refresh rate tinggi, scrolling menjadi sangat lancar, tapi akan semakin mudah memakan daya baterai.

Salah satu cara menghemat baterai adalah mengurangi refresh rate pada HP. Cara ini hanya bisa dilakukan di HP Android dan beragam di tiap modelnya. Tapi umumnya mengubah refresh rate bisa ditemui dengan cara membuat Settings > Display > Advanced > Refresh rate.

2. Matikan proses background untuk aplikasi sosial media (Android)

Untuk menghemat baterai ada baiknya Anda mematikan proses background bagi aplikasi media sosial. Biasanya medsos akan terus menyala walau Anda tidak membukanya untuk bisa memberikan notifikasi hal-hal terbaru di dalamnya.

Dengan mematikan proses background, Anda menghentikan kerja medsos bila tidak sedang digunakan. Caranya adalah buka Settings > Battery > Battery optimization/app battery management (bisa berbeda tiap model HP) lalu cari aplikasi medsos dan matikan background process.

3. Gunakan mode gelap atau dark mode (Android dan iPhone dengan layar OLED)

Gunakan mode gelap atau dark mode untuk menghemat baterai di HP Android dan iPhone. Selain bisa menghemat baterai, mode ini juga bisa membuat mata Anda tidak cepat lelah.

Cara ini berlaku untuk layar HP OLED. Karena layar OLED memiliki cahaya per piksel. Artinya, jika ada bagian yang gelap berarti piksel tersebut tidak aktif sehingga tidak memakan daya baterai. Mode dark tidak berlaku untuk layak LCD dengan lampu di balik layarnya.

Dark mode bisa ditemui di HP Android atau iPhone, biasanya terdapat di menu Display & Brightness.

4. Matikan motion effect pada wallpaper (iPhone)

Motion effect pada iPhone memang sangat memanjakan mata karena gambarnya terlihat sangat hidup. Tapi ternyata fitur ini malah justru menyedot daya baterai sehingga membuatnya jadi lebih boros.

Jika Anda memang ingin menghemat baterai, sebaiknya gunakan wallpaper yang non-animasi. Untuk iPhone, memilih wallpaper ada di menu Settings > Wallpaper > Choose a New Wallpaper

5. Gunakan Auto Brightness (Android dan iPhone)

Hampir semua ponsel saat ini memiliki sensor cahaya, memungkinkan tingkat keterangan layar menyesuaikan dengan ambiens sekitarnya. Jika di sekitarnya terang, maka layar akan bertambah terang, jika gelap maka akan redup.

Auto brightness pada HP menghemat baterai, karena tidak membuat layar tetap dalam kondisi paling terang. Untuk mengubahnya Anda bisa menemukannya di Settings > Accessibility > Display & Text Size untuk iPhone, atau Settings > Display di Android.

6. Matikan data lokasi (Android dan iPhone)

Ponsel Anda selalu mengecek lokasi Anda berada setiap waktu. Fitur ini menggunakan Wi-fi, sinyal, Bluetooth, dan GPS untuk mencari keberadaan Anda. Beberapa aplikasi juga menggunakan GPS untuk menjalankan fitur mereka. Pencarian sinyal ini tanpa disadari akan menyedot daya baterai.

Memang fitur ini penting, tapi ada baiknya Anda mematikannya jika tidak digunakan. Pada iPhone, mematikan lokasi bisa ditemukan di Settings > Privacy > Location Service. Di Android lebih mudah lagi, mematikan data lokasi bisa dari menu drop-down dari bagian atas layar.

7. Selalu cek software update (Android dan iPhone)

Tingkat ketahanan baterai terkadang terjadi seiring dengan pembaruan atau update pada software. Bisa jadi baterai akan memburuk, tapi lebih banyak membaik karena update memang ditujukan untuk memberikan perbaikan.

Jika Anda merasa baterai Anda mulai cepat habis, jangan-jangan Anda belum melakukan update software. Pada iPhone, update software bisa ditemukan di Settings > General > Software Update. Sementara pada Android bisa ditemukan di Settings > Software Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *