Cara Menghapus Akun Sosial Media, Ternyata Susah-susah Gampang!

Cara menghapus akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, atau Snapchat ternyata susa-susah gampang. Ada beberapa proses yang mesti dilakukan, perlu pengetahuan tersendiri. Bisa dipahami, media sosial tidak ingin kita pergi dari platform mereka.

Pengguna sangat penting bagi media sosial, karena data pribadi kita telah mereka miliki. Data pribadi ini sangat berharga karena bisa menjadi alat marketing atau promosi produk-produk. Artinya, tanpa ada pengguna, media sosial tidak akan mendapatkan uang lagi.

Ada berbagai alasan seseorang ingin berhenti menggunakan media sosial. Di antaranya karena sudah bosan atau muak dengan postingan yang bisa merusak mental mereka. Di masa pemilu, media sosial bahkan bisa merusak hubungan antar keluarga atau sahabat. Alasan lainnya, karena mereka tidak ingin identitas pribadi tersebar kemana-mana.

Berikut adalah cara menghapus akun sosial media yang telah terbukti:

Facebook

Facebook mungkin adalah media sosial yang sudah lama kita miliki. Bisa jadi, kebodohan kita di masa muda terekam jelas di Facebook. Karena ingin berubah menjadi lebih baik atau menghapuskan kenangan yang kelam, akhirnya kita memutuskan untuk menghapus akun Facebook.

Nah, menghapus akun Facebook itu agak susah-susah gampang. Ada dua pilihan di Facebook, apakah ingin “deactivated” atau “deletion” akun Anda. Jangan sampai salah.

Deactivated account tidak sama dengan menghapus atau deletion akun ya. Dengan deactivated account, akun Facebook Anda tidak akan bisa ditemukan dan hilang dari pertemanan karena informasinya tidak aktif. Namun jika Anda kembali log in, maka akun itu akan muncul kembali. Namun dengan deletion, maka seluruh akun Anda akan terhapus dari Facebook, tidak akan bisa kembali.

Cara menghapus akun Facebook adalah dengan membuka pengaturan “Setting and Privacy” di tombol kanan atas. Lalu klik “Facebook Information”. Dari situ, klik “Deactivation and Deletion” lalu pilih “Delete Account”. Anda lalu diminta untuk memasukkan password lalu tekan “Continue” dan klik “Delete Account”.

Akun Anda langsung hilang? Tentu tidak. Facebook memberikan waktu beberapa hari untuk kita berubah pikiran. Dalam rentang waktu pengajuan penghapusan akun hingga akun benar-benar dihapus, jika kita kembali log in maka akun akan kembali hidup. Jadi, jangan buka-buka Facebook di masa ini, hapus aplikasinya di ponsel Anda.

Instagram

Cara menghapus akun Instagram juga tidak sederhana. Instagram tidak mengizinkan kita menghapus akun di aplikasi, tapi harus membukanya di browser melalui web.

Jika masuk di Setting Instagram di aplikasi, maka tidak akan ada pilihan untuk menghapus akun, adanya hanya “temporarily disable”. Ini sama seperti Deactivation di Facebook, akunmu masih ada hanya tersembunyi di suatu tempat.

Cara menghapus akun Instagram adalah dengan mengetikkan URL ini browser: https://instagram.com/accounts/remove/request/permanent. Jika sudah masuk laman tersebut, masukkan password dan klik “Permanently Delete My Account”.

Voila! Kamu sudah tidak punya akun Instagram lagi.

TikTok

Sudah mulai jengah lihat orang-orang berjoget di TikTok dan ingin buru-buru hapus akun? Cara menghapus akun TikTok ternyata lebih mudah dibanding Instagram dan Facebook.

Menghapus akun TikTok bisa dimulai dari meng-klik “Me” pada bagian kanan bawah. Dari situ, klik “Manage My Account” lalu “Delete My Account”. Nantinya akan ada pilihan bagi kita untuk menghapus akun TikTok. Mudah sekali bukan?

Twitter

Twitter sejak lama telah menjadi media sosial yang banyak digunakan untuk menyampaikan pendapat, agitasi, atau bahkan berbagi informasi. Menghapus akun Twitter juga sama mudahnya dengan TikTok.

Tapi sebelum menghapus akun, ada baiknya kita mengunduh arsip agar apa yang kita tulis sebelumnya tidak benar-benar hilang, jadi dokumentasi. Nantinya, arsip yang kita unduh akan dihadirkan dalam susunan kronologis.

Untuk unduh arsip, klik ikon profil, pergi ke “Settings”, lalu klik “Account” dilanjutkan dengan “Twitter Data”. Dari situ, masukkan password dan unduh seluruh datamu.

Setelah datamu sudah terunduh, Anda bisa melanjutkan dengan proses penghapusan akun. Masuk ke pengaturan Twitter lalu klik “Deactivated My Account”, masukkan password, dan akunmu akan tidak aktif.

Ada waktu sampai 30 hari untuk akunmu benar-benar hilang. Ini untuk memberi kesempatan jika Anda berubah pikiran. Jika dalam 30 hari Anda tidak melakukan apa-apa, maka akun tersebut akan musnah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *