Cari Tahu Tanda-tanda Nomor WhatsApp Diblokir di Sini!

WhatsApp telah menjadi aplikasi berbagi pesan nomor satu dengan lebih dari 2,5 miliar pengguna di dunia. Aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh perorangan, melainkan juga oleh perusahaan sebagai alat koordinasi antarkaryawan. Bahkan, WhatsApp tidak pernah absen dalam interaksi seseorang setiap harinya.

Tapi tidak jarang interaksi di WhatsApp berujung getir, dengan permusuhan dan perdebatan. Biasanya, hal ini terjadi karena percakapan teks terkadang tidak sama dengan percakapan lisan, sehingga kerap memicu kesalahpahaman. Dalam kondisi ini, tidak heran seseorang akhirnya memutuskan memblokir nomor lawan bicaranya di WhatsApp.

WhatsApp memang menyediakan fitur blokir untuk mengadang percakapan dari orang yang tidak diinginkan. Namun sayangnya, seseorang yang diblok tidak bisa tahu apakah nomornya telah diblokir atau tidak. Hal ini kemungkinan terjadi karena adanya kebijakan WhatsApp terkait privasi penggunanya.

Walau tidak secara eksplisit menunjukkannya, namun ada tanda-tandanya bahwa nomor anda telah diblokir di aplikasi milik Facebook ini. Berikut adalah cara mencari tahu apakah nomor WhatsApp Anda telah diblokir:

Memeriksa status last seen/online

Salah satu cara termudah mengetahui apakah nomor WhatsApp Anda diblokir atau tidak adalah dengan mengecek status last seen atau online seseorang.

Jika Anda tidak bisa melihat status tersebut, berarti ada kemungkinan Anda telah diblokir. Tapi jangan keburu baper, pasalnya cara ini tidak selalu benar, karena pengguna bisa jadi sengaja meniadakan status tersebut dari pengaturan WhatsApp.

Memeriksa foto profil

Salah satu cara lainnya untuk melihat apakah Anda diblokir atau tidak di WhatsApp adalah dengan memeriksa foto profil seseorang. Jika Anda tidak bisa melihat foto profilnya, maka bisa jadi Anda diblokir. Biasanya, Anda hanya akan melihat foto siluet kosong saja.

Tapi hal ini terkadang tak bisa jadi ukuran. Anda bisa saja melihat foto profilnya, tapi tetap saja diblokir. Biasanya jika Anda diblokir di WhatsApp namun tetap bisa melihat foto mereka, Anda tidak akan bisa melihat perubahan foto terbaru dari akun tersebut.

Kirim Pesan ke Seseorang

Centang satu pada kolom chat seseorang kadang menyebalkan. Tapi bisa jadi ini adalah pertanda bahwa nomor WhatsApp diblokir. Jika ingin mengetahui apakah seseorang memblokir Anda, cara ini bisa digunakan.

Coba saja kirim pesan kepada orang tersebut. Jika pesan terkirim, maka akan bertanda centang dua, dan berwarna biru jika telah terbaca. Namun jika hanya centang satu, yang berarti pesan belum terkirim, bisa jadi orang tersebut memblokir Anda.

Tapi cara ini juga belum tentu indikasi pemblokiran nomor WhatsApp. Bisa jadi, HP orang tersebut sedang mati atau tidak ada sinyal di tempat dia berada.

Telepon Nomor WhatsApp

Cara lainnya untuk memastikan apakah nomor Anda diblokir atau tidak ada dengan menelepon nomor tersebut. Jika Anda diblokir, maka telepon itu tidak akan tersambung walau terlihat ada tanda panggilan.

Tapi jangan berburuk sangka dulu. Pasalnya, telepon melalui WhatsApp memang kadang tidak tersambung. Ada beberapa alasan telepon WhatsApp tidak nyambung, salah satunya adalah sinyal yang buruk.

Buat Group WhatsApp

Selain cara-cara di atas, ada cara lain untuk tahu apakah nomor WhatsApp diblokir seseorang. Cara ini adalah dengan membuat group WhatsApp dengan orang yang Anda curigai telah memblokir Anda.

Iseng saja coba buat group WhatsApp berisikan Anda dan orang tersebut. Jika ternyata isi group itu hanya Anda, maka bisa dipastikan orang itu telah memblokir Anda. Karena seseorang yang telah diblokir tidak bisa membuat group WhatsApp dengan orang yang memblokirnya.

Demikian adalah beberapa tanda dan indikasi bahwa nomor WhatsApp diblokir. Tapi seperti juga disinggung di atas, tanda-tanda itu tidak mutlak menunjukkan seseorang telah memblokir Anda. Bisa jadi karena tidak ada sinyal atau ponselnya mati saja. Tetap berbaik sangka adalah kuncinya, selain itu tetaplah menjaga kesantunan dalam berbahasa di WhatsApp untuk mencegah kesalahpahaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *