Nintendo Switch OLED Dirilis, Apa yang Baru?

Nintendo meluncurkan Nintendo Switch OLED pada Selasa, 6 Juli 2021, konsol terbaru mereka. Sesuai namanya, Switch kali ini akan mengalami upgrade dari sisi layar dari yang sebelumnya disematkan LCD menjadi OLED. Tidak hanya itu saja peningkatan yang terdapat di Nintendo Switch OLED ini, simak ulasan berikut ini soal hal-hal baru tersebut.

Sebenarnya pengumuman Nintendo sedikit mengecewakan para penggemar Switch. Padahal sempat diisukan akan muncul Nintendo Switch Pro dengan resolusi 4K. Namun para gamers harus berpuas diri dengan Nintendo Switch OLED ini.

Nintendo Switch OLED memiliki layar yang lebih besar, yaitu 7 inchi. Sementara Nintendo Switch dengan layar LCD hanya 6,2 inchi. Sedangkan Nintendo Switch Lite memiliki lebar layar 5,5 inchi.

Layar OLED yang disematkan akan memberikan pengalaman bermain yang lebih memanjakan mata. Layar jenis ini dirancang untuk menampilkan warna hitam yang pekat dan warna yang lebih hidup dibandingkan LCD. Tidak sabar rasanya melihat penampilan gambar game Super Mario Odyssey atau The Legend of Zelda: Breath of the Wild di konsol terbaru ini.

Perbedaan lainnya dengan tipe LCD, Nintendo Switch OLED memiliki stand dudukan yang lebih kuat. Stand ini memiliki tiga tipe ketinggian untuk dipilih para gamers. Stand Nintendo Switch sebelumnya dianggap tidak kokoh dan mudah goyah, hal itu tidak ditemukan di konsol ini.

Selain itu, Nintendo Switch OLED memiliki tambahan kapasitas penyimpanan internal dari yang sebelumnya hanya 32GB menjadi 64GB. Nintendo juga mengatakan, Nintendo Switch OLED memiliki sistem audio yang lebih mumpuni dibanding pendahulunya. Dijamin, suaranya akan lebih menggelegar.

Nintendo Switch OLED kini juga memiliki dock untuk TV yang dilengkapi dengan port LAN ethernet. Dengan port ini, kita bisa langsung menyambungkan Nintendo Switch OLED dengan internet. Dijamin, game online semacam Super Smash Bros. Ultimate atau Mario Kart 8 Deluxe tidak akan ada kendala.

Salah satu pembeda kentara antar Nintendo Switch OLED dengan Nintendo Switch LCD adalah warnanya. Nintendo Switch OLED hadir dengan warna dual-tone hitam dan putih. Namun gamers masih bisa mendapatkannya dengan warna khas biru dan merah.

Selain pembaruan di atas, Nintendo tidak melakukan upgrade lainnya. Nintendo Switch OLED masih memiliki prosesor, RAM, dan spesifikasi umum yang sama dengan versi sebelumnya.

Harga Nintendo Switch OLED

Nintendo membanderol harga Nintendo Switch OLED di angka USD349 atau sekitar Rp5 jutaan. Angkanya kemungkinan naik jika masuk ke pasar Indonesia atau meningkatnya permintaan pelanggan. Nintendo akan merilis Nintendo Switch OLED ke pasaran pada 8 Oktober 2021.

Dengan harga hanya lebih mahal USD50 dibanding pendahulunya, agaknya sayang untuk membeli lagi Nintendo Switch OLED, kecuali jika memang Anda berkantung tebal. Bagi yang belum memiliki Nintendo Switch sebelumnya, ada baiknya Anda langsung membeli Nintendo Switch OLED karena merupakan seri tertinggi dari jajaran Switch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *