Panduan Cek Penerima Bansos Tunai Serta Langkah Mencairkannya

Bansos tunai merupakan program baru yang dibuat presiden untuk membantu masyarakat pada masa pandemi ini. Penerima bansos tunai merupakan orang – orang terkena PHK selama pandemi keluarga miskin dan terdampak langsung oleh Covid -19 tersebut. Bantuan ini sering juga disebut sebagai BST (Bantuan Sosial Tunai) Rp 300 ribu.

Jika kamu terkena dampak pandemi dan kesulitan maka berpotensi untuk mendapatkan bansos tersebut. Hanya saja para penerima bantuan tersebut hanyalah orang – orang yang telah terdaftar dan sudah terdata di pemerintahan. Kabarnya bansos tersebut akan disalurkan pada periode Januari hingga April 2021 nanti.

Bantuan ini tentu sangat meringankan karena akan diberikan per bulan selama program tersebut masih ada. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, tetapi sebelum itu kamu harus cek terlebih dahulu, apakah nama kamu tertera sebagai penerima. Pada artikel ini akan kami rangkum cara mengeceknya serta panduan mencairkannya.

Syarat Mendapatkan Bansos Tunai 300 Ribu

Agar bisa mendapatkan BST tersebut, maka kamu harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh kementerian. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa penerima bantuan ini hanya masyarakat miskin, dan juga terdampak Covid – 19 seperti korban PHK, dan sejenisnya. Jadi jika kamu bukan golongan tidak mampu maka tidak bisa mendapatkan bantuan tunai.

Syarat lain yang juga harus dipenuhi oleh penerima bansos tunai adalah sudah terdaftar pada laman DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Jika nama kamu tidak tercantum pada data tersebut, maka bantuan tidak dapat diterima. Oleh karena itu pastikan mengecek terlebih dahulu, dan pastikan kamu berhak mendapatkan bantuan tersebut.

Pemerintah setempat, seperti RT atau kepada desa akan mendata masyarakatnya yang masuk ke dalam golongan tidak mampu. Nantinya data dari kepada daerah tersebut yang akan dimasukkan ke DTKS. Jadi pastikan melapor ke RT/RW atau kepada desa agar menjadi bagian penerima BST. Kaum lansian dan penyandang disabilitas juga berhak mendapatkan bts.

Syarat lain agar layak mendapatkan bantuan tunai adalah tidak menjadi bagian penerima PKH atau Program Keluarga Harapan. PKH sendiri merupakan program tersendiri oleh pemerintah untuk membantu keluarga yang terdapat pada masa pandemi ini. Jadi jika sudah menerima BTL (bantuan tunai langsung) tidak bisa lagi menerima Bansos tunai tersebut.

Cara Mengecek Nama Penerima BST

Proses mengecek nama penerima pada program bansos tunai sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengunjungi laman resmi kementerian di dtks.kemensos.go.id. Untuk melihat daftar penerima bansos tunai maka diperlukan Nomor Induk Kependudukan KTP agar tahu apakah sudah terdaftar atau tidak.

Jika kamu sudah memasuki laman resmi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, maka segera pilih menu ID. Pada menu ID tersebut lah NIK diperlukan. Selain NIK, nomor dari ID DTKS atau juga nomor KIS (Kartu Indonesia Sehat) juga bisa digunakan. Cukup pilih salah satu ID untuk mengecek nama penerima pada situs tersebut.

Setelah itu isi data – data yang diminta pada kolom yang tersedia, seperti nomor NIK atau nomor ID, nama yang tertera pada kartu identitas, dan juga memasukkan dua kata/ kode yang tercantum pada captcha box. Jika sudah terisi, maka tinggal pilih cari. Nantinya akan ditampilkan apakah nama kamu tercantum sebagai penerima.

Cara Mencairkan Bansos Tunai 300 Ribu

Proses pencarian bantuan tunai tersebut hanya bisa dilakukan lewat kantor pos, jadi tidak dapat dilakukan lewat ATM. Selain itu penerima bansos tunai juga harus memiliki surat pemberitahuan terkait pencairan bansos tersebut untuk melakukannya. Nantinya akan diberikan jadwal khusus waktu pencairan dana, agar prosesnya mudah serta terhindar dari virus Covid -19.

Pada tanggal yang ditetapkan pada surat pemberitahuan, pastikan datang ke kantor pos tepat waktu. Pastikan juga membawa KTP dan KK agar bisa diidentifikasi nantinya. Perlu diketahui bahwa pencairan bansos tersebut tidak bisa diwakilkan, jadi kamu sendiri yang harus datang ke kantor pos untuk melakukannya.

Nantinya petugas pos sendiri yang akan memberikan BST 300 ribu, jika nama kamu tertera sebagai penerima dan dokumen yang diperlukan sudah terpenuhi. Jika kamu terdapat sebagai penerima bansos tunai maka pastikan menggunakan dana tersebut secara bijak demi menopang kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *