Siap Bersaing! Telegram Sudah Bisa Melakukan Grup Video Call

Jika dibandingkan dengan platform lainnya, telegram memang sedikit tertinggal mengenai beberapa fitur, diantaranya adalah Video Call. Pada perkembangannya Telegram baru dapat melakukan video call pada tahun 2020, yang artinya 7 tahun setelah Telegram didirikan. Sehingga pengguna banyak beralih pada platform seperti Google Duo, iMessage untuk pengguna iOS sampai Zoom.

Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Telegram telah mengumumkan mengenai adanya pembaruan terhadap fasilitas pada aplikasinya. Yang paling kentara adalah pembaruan terhadap fasilitas video call. Sekarang Telegram sudah mendukung fitur Group Video Call atau panggilan video grup.

Selain pembaruan akan Group Video Call, ada juga pembaruan beberapa fitur unik dan menarik lainnya seperti desain dan UI yang bisa dinikmati oleh pengguna.

Cara Melakukan Group Video Call pada Telegram

Munculnya fitur Group Video Call pada Telegram memang sedikit ketinggalan dengan platform lainnya, akan tetapi fitur Grup Video Call yang dihadirkan lebih unggul dalam jumlah partisipan. Saat ini Telegram mengklaim dapat menggunakan fitur tersebut dapat digunakan hingga 30 orang, dan kemungkinan akan terus bertambah dikemudian hari.

Untuk dapat melakukan Grup video call, ada sedikit perbedaan dengan platform lainnya. Jika di platform lain hanya perlu tekan tombol video, pada Telegram harus memulai denga ‘Start Voice Chat’. Jika sudah mulai, maka akan muncul tombol video di sebelah kiri bawah, bisa langsung tekan untuk memulai video call.

Hampir serupa dengan zoom, ketika melakukan video call, layar akan menampilkan pengguna yang sedang berbicara. akan tetapi saat ini masih tersedia dalam app saja belum bisa untuk web version.

Selain itu Telegram juga telah menambahkan fitur peredam latar belakang atau noise cancellation untuk mengurangi noise atau berisik dari luar secara otomatis.

Fitur Spesial & Tambahan Lainnya

Fitur yang melengkapi dalam group video call adalah screen sharing dan screen recording.
Screen sharing digunakan untuk berbagi menampilkan layar smartphone pengguna kepada peserta lainnya. Sedangkan screen recording, pengguna dapat merekam kegiatan video call sesuai dengan keinginan.

Dengan fitur tersebut diatas, rasanya bisa dicoba sebagai alternatif untuk kegiatan meeting online selama WFH.

Tak hanya hadirkan pembaruan pada Group Video Call saja, ada juga peningkatan pada fitur tampilan lainnya. Kini Telegram dapat menggunakan background wallpaper pada saat berkirim pesan dengan menggunakan ‘animated backgrounds’. berkirim pesan menjadi lebih menarik dengan Efek yang lebih menarik dari lebih variatif dibandingkan dengan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *