Panduan Cara Mendapatkan BLT UMKM Serta Syarat – Syaratnya

BLT UMKM merupakan program dari pemerintah pada masa pandemic yang diberikan kepada pengusaha kecil agar tetap mampu mempertahankan bisnisnya. Cara mendapatkan BLT UMKM sebenarnya sangat mudah asalkan kamu memenuhi syarat sebagai penerima. Program ini dipandang mampu membuat para pengusaha kecil tetap bergerak dan memperbaiki kondisi perekonomian saat ini.

UMKM merupakan pihak yang merasakan langsung dampak pandemi, sehingga beberapa dari mereka tidak mampu bertahan di masa krisis tersebut.  Dampaknya terhadap ekonomi nasional jelas besar, sehingga pemerintah perlu mengambil langkah strategi. Pemberian bantuan merupakan salah satu cara yang dilakukan, dan hal ini ditangani oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI dan pihak terkait.

BLT UMKM yang diberi nama program Banpres Produktif Usaha Mikro ini diharapkan efektif mendongkrak perekonomian. BLT tersebut dibagikan kepada masyarakat lewat bank BRI, BNI dan juga BSM, yang merupakan bank milik pemerintah. Diperkirakan bahwa jumlah penerima sebanyak 7.8 juta pengusaha kecil dan merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional. kamu berhak menjadi penerima jika telah memenuhi ketentuan.

Cara Mendapatkan BLT UMKM dengan Cepat

Tidak semua pihak atau pemilik usaha mendapatkan BLT UMKM, karena hanya yang memenuhi syarat yang kebagian. Pihak penerima akan diusulkan oleh Banpres Produktif sehingga terdapat untuk mendapatkan bantuan. Jadi harus prosesnya mengajukan diri terlebih dahulu ke Banpres baru didaftarkan sebagai penerima BPUM.

Pihak pengusul Banpres Produktif Untuk Usaha Mikor adalah Dinas merupakan orang dari lembaga keuangan negara, dan daftarnya bisa dilihat pada laman resminya langsung. Kamu perlu mencermati siapa saja pihak pengusul untuk mendapatkan pelayanan. Jadi pemilih usaha kecil harus mengusungkan diri kepada Banpres tersebut untuk didaftarkan dengan cara mendapatkan BLT UMKM

Baca Juga :  Panduan Cek Penerima Bansos Tunai Serta Langkah Mencairkannya

Nantinya diperlukan beberapa data dalam proses pengajuan BLT UMKM seperti kartu identitas, alamat, nama lengkap, nomor telepon, jenis usaha, dan yang lainnya. Kamu bisa mengunjungi laman eform.bri.co.id/bpum untuk mengeceknya, karena akan ditampilkan secara lengkap daftar penerima dan yang belum memenuhi syarat.

Pastikan juga sudah mengajukan diri sebelum batas penerimaan yang ditetapkan, agar saat bantuan tunai datang bisa langsung mendapatkannya. Program bantuan kepada pengusaha kecil ini dinilai efektif untuk membuat roda perekonomian terus berjalan. Pandemi memang sangat berdampak kepada pengusaha kecil, oleh karena itu penting bagi mereka tetap bertahan agar keadaan ekonomi pulih kembali.

Syarat – Syarat untuk Mendapatan Bantuan Tunai UMKM

Agar bisa terdaftar sebagai penerima maka dokumen dan syarat – syaratnya harus dipenuhi. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka nama kamu tidak bisa terdaftar nantinya. cara mendapatkan BLT UMKM sangat mudah karena prosesnya tidak terlalu rumit. Berikut syarat yang ditetapkan untuk bisa menjadi bagian program BPUM.

  1. Warga Negara Indonesia dan Memiliki NIK

Penerima harus warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan NIK. Jadi diperlukan KTP atau KK untuk membuktikan hal tersebut. Warga negara asing yang berada di Indonesia atau menetap tidak bisa mendapatkannya. Selain itu NIK sangat penting disiapkan sebagai data mengajukan diri menjadi penerima.

  1. Memiliki Usaha Mikro dan Tidak Memiliki Kredit

Penerima BLT orang – orang yang memiliki usaha kecil kecilan atau mikro. Jika jenis usaha berskala besar, maka tidak layak menjadi penerima BLT UMKM. Selain itu si penerima juga harus terbabas dari KUR atau jenis kredit lainnya. Yang sudah mengajukan kredit tidak diikut sertakan, karena bukan bagian dari program bantuan.

  1. Bukan TNI/POLRI, ASN, dan juga Pegawai BUMN
Baca Juga :  Panduan Cek Penerima Bansos Tunai Serta Langkah Mencairkannya

Pemerintah mentapkan bahwa penerima sumbangan dana hanyalah masyarakat kecil yang memiliki usaha. Para pegawai pemerintahan seperti ASN, dan TNI/POLRI tidak berhak mendapatkannya karena dinilai bukan golongan tidak mampu. Syarat tersebut sifatnya sangat ketat, jadi pastikan kamu bukan salah satu dari pihak pegawai pemerintahan.

Penyebab Kesulitan Mendapatkan BLT UMKM

Beberapa pemilik usaha mikro mengalami kendala atau kesulitan pada saat pengajuan diri sebagai penerima bantuan tersebut. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa syarat sebagai penerima harus masyarakat yang tidak memiliki akses untuk kredit atau pinjaman, jika telah memiliki kredit, maka langsung ditolak oleh sistem.

Jadi program ini sebenarnya diperuntukkan bagi mereka yang sama sekali tidak memiliki akses ke bank, sehingga dipermulaaan mendapatkan bantuan untuk usaha. Jadi kamu perlu mengecek pinjaman terlebih dahulu, agar layak mengajukan diri sebagai penerima bantuan. Cara mendapatkan BLT UMKM sebenarnya sangat mudah asalkan syaratnya sudah terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *